Goresan KR

Catatan dari perjalanan hidup

Kampoeng Batik Laweyan Solo

batiksoloBatik adalah kekayaan nusantara, saat ini batik banyak di produksi oleh beberapa daerah : Solo, Jogja, Garut, Cirebon, Madura, Pekalongan & daerah lainnya. Kanjeng Ragil akan mencoba menulis Batik dari satu daerah kedaerah lainnya dari satu pengrajin ke pengrajin lainnya. Kali ini menuju Kampoeng Batik Laweyan Solo.

laweyanAdanya Kampoeng Batik Laweyan tidak bisa lepas dari sejarah Kerajaan Pajang yang telah banyak ditulis oleh pakar sejarah atau penulis lepas sekalipun. Kemudian dahoeloe kala pasar Laweyan dikenal sebagai pasar bahan baku tenun yang cukup dikenal pada saat itu dan di zaman pergerakan bangsa ditahun 1911 Sarekat Dagang Islam yang dipimpin Kyai Haji Samanhudi kembali Laweyan tempat sejarah yang tak bisa dilupakan begitu saja. Sekarang ini Laweyan sudah menjadi Kampoeng Batik Laweyan, disini kita dapat menemukan banyak pengrajin, gallery2 batik dipelosok kampungnya, bermacam-macam corak batik sesuai dengan ke ahlian pengrajinnya.

Salah satu gallery batik yang Kanjeng Ragil kunjungi adalah mahkotalaweyanMahkota Laweyan, disini cirinya adalah batik etnic, abstrak dan tradisionil. Show room dan sekaligus pabriknya ada Sayangan Kulon 9 Laweyan, satu hal yang patut diberi jempol di Mahkota Laweyan, bagi mereka yang ingin mengetahui batik2 kuno sampai dengan administrasi dagang batik tempo doeloe bisa melihat dan menanyakan langsung pada the owner : Alpha Febela Priyatmono.

Gallery2 yang lain tak kalah populernya dan masing2 punya design sendiri2, sementara pengrajin perumahan yang tidak punya gallery juga cukup banyak disini, mereka pun punya ke-istimewaan. Banyak dari mereka walau mungkin tidak mempunyai gallery, hasil2 batik2 nya dipasok ke toko2 terkenal di Solo dan luar Solo.

p1000022

Untuk anda yang ingin tahu bagaimana rasanya menoreh canthing atau seluk beluk mem-batik, di Kampoeng Batik Laweyan sering juga diadakan kursus singkat tentang membatik. Atau anda juga bisa belajar batik di Roemahkoe yang letaknya tidak jauh dari Kampoeng Batik Laweyan.

Jalan2 dan kenali lebih dekat tentang Batik Solo datanglah ke Kampoeng Batik Laweyan Solo.

Iklan

Desember 9, 2008 - Posted by | ACI | , , , ,

1 Komentar »

  1. Cara meningkatkan PageRank dengan Games Gratis…

    Cara cepat meningkatkan PageRank dengan Games Gratis ? Orang lain lagi rame-rame saling memberi Viral Linking Tag, Viral Linking Building ini aneh-aneh saja masa ada cara meningkatkan PageRank dengan games gratis…

    Lacak balik oleh Belajar Ngeblog | Desember 14, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: