Goresan KR

Catatan dari perjalanan hidup

Berbagi cerita lewat blog berpahala ?

Sebelum menuju pokok tulisan, saya ingin ber-terima kasih dulu pada 3 rekan penulis blog yang telah memberi komentar walau saya belum menulis yang berarti disini, 3 rekan penulis blog itu adalah : Bunda Rie, Harry dan Penulis Yauhui.net (maaf, untuk yang ini saya belum tahu nama penulisnya), terima kasih karena komentar anda ber-tiga membangun semangat saya untuk menulis blog.

Berbagi cerita lewat blog berpahala ? Jawabannya tentu bisa “ya”, juga bisa “tidak”.

Sebelum saya menulis blog ini, saya terlebih dulu keliling membaca satu persatu penulis blog Indonesia, banyak isi blog yang bagus2, isinya padat dan penuh manfaat untuk pembacanya, saya ambil contoh dua blog yang bermanfaat untuk yang baca, karena isinya adalah pembelajaran tentang serba-serbi blog, dua blog itu adalah blog-nya A Fatih dan blog-nya Kang Rohman. Kemudian saya juga membaca satu blog lain, saya menyebut penulisnya a smart boy, sebab saya tahu dia adalah seorang siswa SLTP yang jauh dari Jakarta, blog yang satu ini walau ditulis oleh anak ber-umur belasan tahun tapi mampu memukau pembaca karena tulisannya yang segar dan padat; Reza. Tentunya masih banyak lagi blog yang bagus2, tetapi kalau saya sebut satu persatu mungkin bisa setahun saya mengupasnya 🙂 . Blog2 yang bagus ceritanya, yang berbagi info tentu saja akan bermanfaat bagi pembacanya, yang tadi nya tidak tahu jadi tahu, informasi2 lain bisa banyak didapat dari tulisan2 blogger. Tentunya penulis2 yang seperti inilah yang masuk kategori ber amal dalam menulis, jadi so pasti mereka juga meraih pahala, ……….amin.

Menjadi penulis blog sebenarnya mempunyai kelebihan dan kebebasan tersendiri, disebut bebas, karena penulis blog bisa menuangkan apa saja apa yang ada dibenak pikirannya kedalam blog. Coba kita berpaling pada wartawan surat kabar, mereka kadang2 sudah bersusah payah mencari berita, tetapi akhirnya berita tidak termuat di koran atau majalahnya, karena banyak kemungkinan; salah satunya adalah kandas di redaksi editor. Kebebasan penulis blog kadang2 membuat penulisnya ke-bablasan, se-enak udel nya saja memposting tulisan yang ngawur, seperti yang membuat tulisan tentang artikel esek-esek atau ada juga penulis blog yang isinya menghujat kesana kemari. Kritikan sih boleh2 saja, tetapi seharusnya masih dalam batas2 moral bukan harus menjatuhkan individu seseorang. Blog2 yang seperti ini tentunya tidak berpahala khan ?!

Penulis2 blog dari hari ke hari makin bertambah, makin banyak yang jadi blogger, berlomba menulis dan menuangkan ke blog itu hal yang manusiawi dan syah2 saja, saya pernah membaca slogan ajakan nge-blog, yang targetnya adalah mencapai sejuta blogger ditahun 2008 ini. Sejuta blogger mungkin bisa tercapai, tapi yang penting sebenarnya bukan jumlahnya, tetapi isinya, bermanfaatkah tulisan para blogger, bermoralkah isinya, baguskah tata bahasanya ? Keberadaan blogger Indonesia sudah diakui oleh dunia, apa iya ? Jawabannya bisa dilihat pada The BOBs, mereka membuat kompetisi blog international & untuk pertama kalinya mereka akan memilih blog terbaik berbahasa Indonesia. Tertantangkah anda ? Ayo buktikan !

September 19, 2008 - Posted by | basabasi |

4 Komentar »

  1. wah, masa langsung dipromosiin meskipun cuma numpang lewat, dan link saya langsung dipasang, aligatorr gozaimashu ^^

    Menurut saya pribadi berbagi cerita lewat blog itu ya sekedar have fun doang, itu sekedar menumpahkan perasaan kesel kita atau unek-unek kita (tapi kadang blog yang kaya gitu jarang ada yang baca).
    Simply gitu doang, ada juga yang ingin berbagi pengalaman menarik tentang hidupnya, mungkin itu pengalaman lucu, pengalaman menyentuh, dan sebagainya ^^

    Selamat mengembangkan blog ^_^

    Komentar oleh digikid | September 19, 2008 | Balas

  2. Jangan Smartboy Donk Jadi malu Nih he..he..he

    Komentar oleh Reza | September 19, 2008 | Balas

  3. ha.ha. bunda jadi tersipu2 sambil joget2.. kanjeng ragil semangat yaaa… bunda dukung dan dorongggggggg…*awassssssss* kedubrakkkkkkk

    Komentar oleh bunda rie | September 22, 2008 | Balas

  4. baru tau saya.. he.he. bikin blog berpahala.. 😀

    well, blog seperti kepanjangan dari diri kita, mengekspresikan hasrat / cara pandang / sesuatu dalam diri kita..

    yang penting isinya.. bermanfaat kah ? bener juga kata2 km.. tp paling tidak bersifat menghibur dan informatif..

    salam

    Yau Hui

    Komentar oleh YauHui.net | Motivasi & Renungan | September 22, 2008 | Balas


Tinggalkan Balasan

